About Me

My photo
Penang, Malaysia
Saya tak pandai memasak tapi rajin belajar demi menyediakan juadah untuk keluarga tercinta dengan air tanganku sendiri. Resepi dan Gambar yg ada kat sini saya copy/paste dari berbagai sumber hanya untuk rujukan diri sendiri sebagai sumber inspirasi dalam memasak dan untuk tatapan anak2ku kelak : Ika kamelia, Rania adelia dan Andika putra serta berkongsi dengan sesiapapun yg ingin mencuba, Bukan untuk mencari Glamour dan Publisiti Apapun saya ucapkan banyak2 terima kasih kepada semua empunya Resepi dan Gambar kat sini, minta dihalalkan Dunia Akhirat.

Members

Tuesday 2 September 2014

Asam Keueng Aceh



Sumber: Just Try & Taste


Bahan:
- 1 ekor ikan kakap  berat sekitar 1 kg, potong menjadi 5 bagian. Bisa menggunakan ikan bandeng, tongkol, patin atau jenis ikan lainnya. 
- 1 sendok makan garam
- 1 butir jeruk nipis, peras airnya

Bumbu dihaluskan:
- 10 buah cabai rawit merah 
- 10 buah cabai rawit hijau 
- 6 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 ruas jari kunyit
- 2 ruas jari jahe
- 1 sendok teh ketumbar, bubuk
- 1/4 sendok teh merica bubuk

Bumbu lainnya:
- 3 butir bawang merah, diiris tipis
- 3 tangkai daun kari atau salam koja, lepaskan dari batang tengahnya (informasi mengenai daun kari silahkan klik link disini)
- 6 buah asam sunti (klik disini untuk informasi mengenai asam sunti)
- 5 buah belimbing sayur, potong sepanjang 1 cm
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 700 ml air
- 2 sendok makan minyak untuk menumis  

Cara membuat:


Siapkan ikan, siangi sisik dan isi perutnya. Cuci bersih. Beri 1 sendok makan garam dan air jeruk nipis. Lumuri permukaan ikan dengan garam dan air jeruk, diamkan selama 15 menit. Kemudian cuci hingga bersih, tiriskan.

Letakkan ikan di mangkuk, lumuri ikan dengan bumbu halus hingga rata, diamkan selama 5 menit. 


Siapkan wajan, beri 2 sendok makan minyak goreng. Tumis bawang merah dan daun kari hingga harum baunya dan bawang merah menjadi kecoklatan. Masukkan ikan beserta bumbu perendamnya.   Tambahkan air, asam sunti, belimbing wuluh, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.


Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga ikan matang dan kuah mengental. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asain dan siap dihidangkan dengan nasi putih panas. Yummy!

No comments:

Post a Comment