About Me

My photo
Penang, Malaysia
Saya tak pandai memasak tapi rajin belajar demi menyediakan juadah untuk keluarga tercinta dengan air tanganku sendiri. Resepi dan Gambar yg ada kat sini saya copy/paste dari berbagai sumber hanya untuk rujukan diri sendiri sebagai sumber inspirasi dalam memasak dan untuk tatapan anak2ku kelak : Ika kamelia, Rania adelia dan Andika putra serta berkongsi dengan sesiapapun yg ingin mencuba, Bukan untuk mencari Glamour dan Publisiti Apapun saya ucapkan banyak2 terima kasih kepada semua empunya Resepi dan Gambar kat sini, minta dihalalkan Dunia Akhirat.

Members

Monday 1 September 2014

Pampis Ikan Super pedas




Sumber: Just Try & Taste

Pampis Ikan Tongkol Super Pedas


Bahan & bumbu:
- 1 ekor ikan tongkol berat 1 1/2 kg 
- 5 lembar daun jeruk purut, rajang halus
- 1 lembar daun pandan, rajang halus
- 1 lembar daun kunyit, rajang halus
- 3 batang daun bawang, rajang halus
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
- 15 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya
- 7 butir bawang merah
- 5 butir bawang putih
- 3 cm jahe
- 2 cm kunyit

Bumbu lainnya:
- 2 sendok teh garam
- 1 1/2  sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:


Siapkan ikan tongkol, siangi dan cuci bersih. Jika ikan terlalu besar potong menjadi dua bagian. Lumuri permukaannya dengan 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Masukkan ke kukusan, kukus selama 35 menit hingga ikan matang, cek bagian tengahnya dengan menusuknya dengan garpu. Jika masih terlihat kemerahan kukus kembali. 

Biarkan ikan hingga dingin, suwir-suwir ikan menjadi serpihan kecil. Buang durinya. Sisihkan.



Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan daun pandan, daun kunyit dan daun jeruk purut. Aduk rata.


Masukkan ikan tongkol, aduk hingga bumbu tercampur merata dengan ikan. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata dan cicipi rasanya. Masak hingga ikan menjadi kering, tambahkan daun bawang, aduk rata dan masak hingga daun bawang layu dan matang.


Angkat pampis, masukkan ke! wadah tupperware, simpan di kulkas jika telah dingin. Pampis siap disantap dengan nasi hangat. Yummy

No comments:

Post a Comment